Inilah 7 Tempat Wisata yang Viral di Klaten

Inilah 7 Tempat Wisata yang Viral di Klaten

pdamklaten.com – Klaten mulai diketahui dengan beragam objek liburan air yang kerap disebut dengan umbul. Beraneka daerah liburan air ini senantiasa ramai didatangi pelancong yang mau menikmati berenang di tengah suasana alam yang asri.

Umbul Klaten

Sebagai salah satu alternatif daerah liburan di Klaten, sebagian umbul ini juga sempat viral sebab airnya yang bening, malahan mempunyai titik foto menarik di dasarnya. Kecuali menjadi daerah liburan, umbul di Klaten juga berfungsi sebagai lokasi daerah adat istiadat Padusan dijalankan.

Seperti dikenal,adat istiadat padusan ialah aktivitas mandi untuk mensucikan diri dalam rangka menyambut datangnya Bulan Ramadhon. Berikut ialah sebagian daerah liburan umbul di Klaten yang buka dan dapat dikunjungi oleh pelancong.

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah sebuah kolam mata air yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul ini sudah jadi destinasi utama pelancong, dan sempat viral sebab banyak pelancong yang berfoto menarik di dasar kolamnya. Kedalaman Umbul Ponggok menempuh 1,5 meter sampai 2,6 meter sehingga pengunjung dapat menyelam di dalamnya. Dengan tarif relatif murah, pengunjung dapat berenang, menyelam sambil berfoto dipandu ikan-ikan yang hidup didalamnya. Sejak banyaknya pelancong yang datang, fasilitas di Umbul Ponggok kian bagus sehingga pelancong dapat merasakan wisata dengan nyaman serta menyenangkan. Untuk merasakan estetika Umbul Ponggok, pengunjung diwajibkan untuk membayar karcis masuk sebesar Rp10.000 saja ada hari lazim dan Rp 15.000 pada hari libur dan akhir minggu. Kecuali itu juga ada penyewaan alat seperti kamera bawah air dengan harga mulai dari Rp 60.000 rupiah. Adapun jam operasional liburan Umbul Ponggok buka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 16.00 WIB.

2. Umbul Manten

Umbul Manten di Klaten jelang Ramadhon 2019 lalu.(KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA) Umbul Manten adalah daerah liburan air di Klaten yang berada di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Suasana Umbul Manten masih natural dengan banyaknya pohon-pohon besar di sekitar kolam. Air di Umbul Manten sungguh-sungguh bening sehingga bebatuan di dasar kolam yang mempunyai kedalaman sampai 1,5 meter dapat menonjol dengan terang. Tidak heran beragam foto yang diambil pelancong ketika menyelam malahan dapat kelihatan bening dan menarik. Untuk masuk ke objek liburan ini, pengunjung akan dikenakan karcis masuk Rp6.000 per orang. Adapun jam operasional liburan Umbul Manten buka mulai pukul 06.00 dan tutup pukul 18.00 WIB.

3. Umbul Sigedang

Kolam Umbul Sigedang di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.(Dok. Umbul Sigedhang) Umbul Sigedang menjadi salah satu daerah liburan air di Klaten yang letaknya berdekatan dengan sumber atau sumur milik PT TIV AQUA Klaten. Untuk dapat merasakan jernihnya kolam mata air ini, pelancong dapat menuju letaknya yang berada di terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo,. Pelancong lazimnya akan beratensi untuk berswafoto, bermain air, menyelam, berendam, sampai merasakan kesejukan sumber mata air hal yang demikian. Untuk merasakan keseruan di sumber mata air Umbul Sigedang, pengunjung cuma perlu membayar tarif retribusi Rp 8.000 untuk hari Senin-Jumat, serta Rp 10.000 untuk hari Sabtu, Pekan, dan ketika hari libur nasional. Adapun jam operasional liburan Umbul Sigedang buka mulai pukul 07.00 dan tutup pukul 17.00 WIB.

4. Umbul Pelem

Umbul Pelem yang berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten.(TRIBUNTRAVEL.COM/SRI JULIATI) Umbul Pelem ialah kolam renang dengan sumber air natural yang kemudian dibangun dengan lebar sekitar 20 meter dan kedalaman 1,5 sampai 2 meter. Letaknya berada di Jl. Tegalgondo – Janti, Dukuh, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten Di sisi kolam ini juga terdapat ada kolam buah hati-buah hati dengan kedalaman 50 cm. Adapun di sekitar kolam renang terdapat sebuah kolam kecil yang menjadi cikal bakal Umbul Pelem dan menjadi sumber air bagi kolam renang utama. Untuk merasakan bening dan segarnya berenang di Umbul Manten, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 8.000 untuk hari Senin-Jumat, serta Rp 10.000 untuk hari Sabtu, Pekan, dan ketika hari libur nasional. Adapun jam operasional liburan Umbul Pelem buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

5. Umbul Cokro Tulung

Suasana di mata air atau Umbul Cokro Klaten.(visitjawatengah.jatengprov.go.id) Umbul Cokro Tulung atau diketahui dengan Umbul Cokro Klaten, terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Umbul ini juga diketahui dengan nama Umbul Ingas sebab terdapat pohon ingas yang besar di lokasi hal yang demikian. Tidak seperti umbul pada biasanya, fasilitas di Umbul Cokro Klaten sungguh-sungguh komplit dengan beragam kesibukan seperti Water Slide, Snorkeling, River Tubing, Rafting, ATV, Waterboom Cokro Tulung, dan masih banyak lagi. Umbul Cokro Tulung Klaten buka tiap-tiap hari mulai dari jam 08.00 – 18.00 WIB dengan harga karcis masuk mulai Rp10.000 per orang.

6. Umbul Nilo

Kolam pemandian yang bersih dan luas di Umbul Nilo Klaten.(instagram.com/umbulniloofficial) Pelancong yang berkunjung ke Klaten dapat mencoba berenang di Umbul Nilo. Lokasi Umbul Nilo berada di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Mata air di Umbul Nilo ini melimpah sehingga tidak cuma dapat diaplikasikan untuk berenang tapi juga dimanfaatkan untuk beragam kesibukan warga. Suasana di daerah ini juga masih asri dan teduh dengan pohon-pohon rindang yang tumbuh di sekitar kolam. Umbul Nilo buka tiap-tiap hari dari pukul 08.00 – 18.00 WIB dengan karcis masuk sebesar Rp6.000 sampai Rp10.000 per orang.

7. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.(TribunSolo.com/Natalia Bulan R P) Umbul Kapilaler ialah kolam mata air dengan kandungan mineral yang berlokasi di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul Kapilaler Klaten yang semula diaplikasikan untuk kebutuhan sehari-hari sekarang menjadi obyek liburan favorit sebagai hasil pengembangan potensi oleh warga yang ada di daerahnya. Kolam Umbul Kapilaler dengan air yang bening ini mempunyai kedalaman 1,7-1,8 meter sehingga cukup aman untuk berenang. Karcis masuk ke Umbul Kapilaler sebesar Rp 8.000 untuk hari Senin-Jumat, serta Rp 10.000 untuk hari Sabtu, Pekan, dan ketika hari libur nasional. per orang dan buka dari jam 07.00 – 17.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *